~ Suku Bunga Kartu Kredit Turun, Hampir 24 persen! ~

credit card promotion

Sebulan belakangan ini, saya sudah menerima email pemberitahuan dari penerbit kartu kredit mengenai penurunan suku bunga kartu kredit yang akan berlaku per 1 Juni 2017.

Akhir tahun 2016 lalu, Bank Indonesia memang sudah mengeluarkan peraturan mengenai penurunan suku bunga kartu kredit ini, dari saat ini 2,95 persen per bulan atau 35,4 persen setahun menjadi 2,25 persen per bulan atau 26,95 persen setahun. Penurunan bunga ini hampir sebesar 24 persen! Kebijakan tersebut dituangkan pada Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 18/33/DKSP perihal Perubahan Keempat atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

Sesuai Surat Edaran tersebut, paling lambat enam bulan sejak tanggal 2 Desember 2016, penerbit kartu kredit wajib menerapkan batas maksimum suku bunga kartu kredit yang ditetapkan oleh BI sebesar 2,25 persen per bulan atau 26,95 persen per tahun. Batas maksimum bunga kartu kredit wajib diterapkan oleh penerbit kartu kredit untuk transaksi pembelanjaan maupun transaksi tarik tunai.

Bank Indonesia mencatat jumlah kartu kredit hanya tumbuh 2,85 persen menjadi 17,22 juta per Oktober 2016 dibandingkan posisi 16,75 juta per Oktober 2015. Dengan penurunan suku bunga kartu kredit ini, Bank Indonesia berharap dapat meningkatkan jumlah dan nilai transaksi kartu kredit, serta membantu perbankan untuk memperbaiki rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) pemegang kartu kredit. Meningkatnya NPL disebabkan antara lain oleh gagalnya pembayaran tagihan kartu kredit nasabah.

Namun, pengguna kartu kredit juga diharapkan bijaksana dalam menyikapi penurunan suku bunga kartu kredit ini agar tidak terjebak dalam masalah. Beberapa hal yang harus selalu diperhatikan adalah:

  • Kartu kredit adalah kartu hutang

Ketika kita mempunyai kartu kredit, apalagi kartu kredit jenis premium/prioritas dengan credit limit ratusan juta, bahkan mungkin 1 miliar, kita merasa wah, gengsi/prestise naik, longgar dalam berbelanja. Namun, kartu kredit sesuai namanya adalah kartu hutang, bukan harta/aset. Harus selalu diingat bahwa setiap saat kita berbelanja dengan kartu kredit, berarti kita mempunyai kewajiban yang harus kita bayarkan bulan depan. Kecuali dalam keadaan terpaksa, menghindari berhutang terutama dengan kartu kredit, akan lebih bijaksana. Penurunan suku bunga kartu kredit, meskipun hingga 24 persen, akan membantu jika kita terpaksa harus berhutang, namun tetap harus diingat bahwa kita harus membayar tambahan 2,25 persen per bulan, setiap kita berhutang dengan kartu kredit.

  • “On-time” membayar tagihan kartu kredit

Harus selalu diingat tanggal jatuh tempo pembayaran semua kartu kredit yang kita punya. Menghindari keterlambatan dalam pembayaran kartu kredit, berarti menghindari denda keterlambatan. Sayang sekali jika kita harus mengeluarkan uang hanya karena keteledoran kita saja, kan?

  • Selalu membayar tagihan kartu kredit dengan “full payment”

Penurunan suku bunga kartu kredit tidak berarti kita boleh membayar tagihan hanya sebesar “minimum payment”. Setiap kita melakukan pembayaran tagihan hanya sebesar “minimum payment”, berarti kita berhutang dan bertambah kewajiban yang harus kita bayarkan kepada bank.

  • Menghindari “Cash Advance”

Setiap kali kita menggunakan kartu kredit untuk tarik tunai di ATM (cash advance), berarti bertambah kewajiban kita karena ada biaya tambahan dari fasilitas ini yang besarnya bervariasi sesuai jenis kartu kredit, umumnya sekitar 4 persen dari jumlah nilai yang ditarik. Biaya tersebut diluar biaya bunga sebesar 2,25 persen per bulan jika kita tidak melunasi tagihan kartu kredit pada bulan berjalan.

Jadi, secara umum penurunan suku bunga kartu kredit memang bagus, namun sekali lagi kita tetap harus bijak dalam penggunaan kartu kredit agar tidak terjebak dalam hutang.

Artikel terkait mengenai kartu kredit: Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s